KEGIATAN PERJUSAMI 22-23-24 / Februari / 2019

Dalam Kurikulum 2013, pendidikan kepramukaan ditetapkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib. Hal ini mengandung makna bahwa pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang secara sistemik diperankan sebagai wahana penguatan psikologis-sosial-kultural (reinfocement) perwujudan sikap dan keterampilan kurikulum 2013 yang secara psikopedagogis koheren dengan pengembangan sikap dan kecakapan dalam pendidikan kepramukaan. Dengan demikian pencapaian Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1), Sikap Sosial (KI-2), dan Keterampilan (KI-3) memperoleh penguatan bermakna (meaningfull learning) melalui fasilitasi sistemik-adaptif pendidikan kepramukaan di lingkungan satuan pendidikan.

Adapun ekstrakurikuler wajib kepramukaan dilaksanakan dengan menggunakan tiga model yaitu Model Blok, Model Aktualisasi, dan Model Reguler.

Dalam pelaksanaan pendidikan kepramukaan,  SMP YWKA menggunakan model aktualisasi yaitu berupa kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari di dalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan Kepramukaan. Bersifat wajib, rutin, terjadwal, berlaku untuk seluruh peserta didik dalam setiap kelas, terjadwal, dan diberikan penilaian formal.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Perjusami (Perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu) yang telah dilaksanakan pada tanggal, 22 s.d 24 Februari 2019 bertempat di  Ciwangun Indah Camp (CIC) Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat dengan tujuan:

  1. Memeberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, menjaga lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam.
  2. Mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, menyadari tidak ada sesuatu yang berlebih di dalam dirinya, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan.
  3. Membina kerjasama dan persatuan dan persaudaraan.

 

 

 

Dalam sambutannya, Kepala SMP YWKA selaku Ka Mabigus Gudep 04001 Pangkalan SMP YWKA menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin bangsa dimasa depan agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan tercapainya cita-cita bangsa.

“Apa yang telah diperoleh dan dipelajari serta berbagai pengalaman selama mengikuti Perjusami 2019 ini agar dikembangkan di lingkungan masing-masing, harus menjadi kader-kader Pramuka yang berkualitas, sekaligus menjadi contoh dan  teladan bagi  teman-teman  yang  lain,  baik dalam melakukan kegiatan Pramuka, maupun dalam meraih prestasi belajar di sekolah,” sesuai dengan tema Perjusami SMP YWKA Bandung “ Dengan Perkemahan Kita Tingkatkan Disiplin dan Kepemimpinan .. ujarnya.

Pendidikan kepramukaan sangat penting dilaksanakan untuk membentuk karakter pemuda bangsa. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir. Pramuka mengajarkan kecakapan dalam berpikir dan menggunakan cara-cara kreatif dalam mengatasi permasalahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *